Selasa, 17 Desember 2013

Penilaian Internal dan Eksternal



A. Analisis Internal
1.      Sumber Daya Manusia
Pengelolaan sumber daya manusia dilakukan oleh sang pemilik sendiri, karena pemilik perusahaan tempe ini memiliki kemampuan untuk membuat dan menjual tempenya sendiri.
2.      Produksi/Jenis Pelayanan
Sistem pemasaran/penjualan produk ini dilakukan dengan secara langsung (di rumah produksi, warung atau tukang sayur) dan Setiap harinya perusahaan ini mampu memproduksi tempe dengan kapasitas maksimal 100 kg.
3.      Keuangan
Perusahaan tidak disiplin dalam pencatatan keuangan, bahkan sering diabaikan dan pencatatannya masih bersifat manual dan kurang terintegrasi. Perusahaan belum mencatat keuangannya dalam bentuk laporan dan sistem komputer. Pendapatan keseluruhan diperoleh dari hasil penjualan dan laba, sedangkan untuk bukti-bukti penjualan dan pembelian bahan baku atau peralatan, perusahaan belum begitu menerapkan sistem pencatatan pada nota/faktur.
4.      Penggunaan Laba
Laba yang diperoleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pemilik.










 B. Analisis Eksternal
1.      Teknologi yang Digunakan
Karena perusahaan tergolong dalam industri rumah tangga, maka teknologi yang digunakan juga masih sederhana. Kendala utama perusahaan untuk mengadopsi teknologi yang lebih maju adalah kurangnya modal dan sumber daya manusia yang belum terlatih dengan maksimal.
2.      Kebijakan Pemerintah
Perubahan kebijakan pemerintah sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi dan penjualan, contohnya kebijakan pemerintah untuk penentuan harga bahan baku. Apabila perusahaan tidak mampu bertahan terhadap kebijakan yang berubah-ubah, maka keberlangsungan hidupnya akan terancam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar