Rabu, 04 Desember 2013

Analisis SWOT


Kekuatan (Strength) Top Tempe:
  1. Dapat menguasai pasar lokal di wilayah perusahaan berproduksi.
  2. Memahami selera konsumen dan kebutuhan akan panganan berkualitas dengan harga terjangkau.
  3. Harga merakyat
  4. Bebas dari bahan pengawet  kimia yang berbahaya
  5. Berusaha menggunakan Brand sebagai proses pemasaran agar lebih di kenal dari tempe produk lain
Selain itu panganan dari olahan kedelai ini banyak sekali peminatnya, tempe merupakan panganan yang sehat dan memenuhi nutrisi dengan harga yang terjangkau

Kelemahan (Weakness):
  1. Memiliki banyak pesaing
  2. Brand masih dalam tahapan proses
  3. Usaha masih terbilang rumahan dengan skala kecil dan belum karyawan masih kerabat atau keluarga saja
  4. Produk hanya dapat bertahan 3 hari dalam suhu ruangan dan 1 minggu dalam lemari pendingin
  5. Memerlukan biaya tambahan untuk membuat Brand lebih dikenal

Opportunity (Kesempatan):
  1. Mengemas tempe semenarik mungkin untuk menarik para konsumen
  2. Belum banyak produk tempe yang bermerek, berlogo, dan mencantumkan ferivikasi BPOM serta logo halal

Ancaman (Threats):
  1. Harga bahan utama yakni kedelai yang tak menentu, terlebih lagi jika sedang melonjak naik
  2. Pesaing lain yangbergelut di bidang yanng sama

7 komentar:

  1. - Menurut kami, produk tempe dimana pun sama saja dari kedelai, yg membedakan hanya ada tempe yg dibungkus plastik dan tempe yg dibungkus daun pisang. Mungkin yg menjadi keunggulan produk anda mungkin tanpa bahan pengawetnya. Masih agak ragu juga dengan tempe anda yg berlogo BPOM. Apakah benar begitu ?
    - Lalu anda kan berniat memasarkan produk tempe anda ke luar daerah, jika boleh memberikan saran jika memang produk anda dalam bentuk tempe tidak tahan lama, kenapa anda tidak memproduksi tempe dalam bentuk makanan olahan seperti keripik tempe agar bisa tahan lama dan bisa dipasarkan ke luar daerah.. :)

    BalasHapus
  2. terima kasih atas saran yang di berikan :) justru dari resiko itu lah kami memperoleh inovasi tersendiri tentang tempe yan berproduk..mungkin sebelumnya anda pernah mendengar tentang olahan gudeg yang bermerk bahkan telah mencapai ekspor pasar amerika dan eropa, dari beberapa pengalaman kami berusaha menghadirkan olahan asli indonesia untuk dunia
    memang terlihat terlalu muluk, tapi kerja keras dan usaha insya allah akan menghadirkan sebuah hasil :)
    mengenai diversivikasi produk masiih terlampau jauh dan tentu saja memerlukan anggaran lagi, kami di sini masih berupaya untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat :) jadi untuk hal yang tadi kami pertimbangkan namun sekali lagi kami masih serius dalam pemasaran (di)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apasih maksud dari kata dapat menguasai pasar lokal

      Hapus
    2. Apasih maksud dari kata dapat menguasai pasar lokal

      Hapus
  3. Apasih maksuf dari kalimat "dapat menguasai pasar lokal"?

    BalasHapus
  4. Apasih maksuf dari kalimat "dapat menguasai pasar lokal"?

    BalasHapus